Poin Indeks Demokrasi Indonesia ( IDI ) 2023 Sulbar Naik Menjadi 74,55 Poin

Mamuju. Poin Indeks Demokrasi Indonesia ( IDI ) 2023 Sulbar Naik menjadi 74,55 Poin dari 74,03 poin dari tahun 2022 atau naik sebesar 0,53 Poin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Stasitik Provinsi Sulawesi Barat (BPS), ibu Tina Wahyufitri, Pada Sosialisasi Angka IDI 2023, di Ruang Rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Barat, Mamuju, Rabu 12 Juni 2024.

Turut hadir pada kesempatan ini, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Sulbar, H.M. Yusuf Tahir , Kepala Bidang Politik dalam Negeri , Nurmilu, Kepala Bidang Ideologi Dan Wawasan Kebangsaan, M. Darwis beserta jajaran kesbangpol Sulbar dan BPS Sulbar.

Tina Wahyufitri menyampaikan bahwa secara Nasional Perbandingan Angka IDI 2022 & 2023, Pada tahun 2023, tidak ada provinsi yang berkategori RENDAH, 11 provinsi berkategori Tinggi dan 23 provinsi berkategori SEDANG, Dari 34 provinsi  21 provinsi mengalami penurunan angka IDI 2023, serta 5 provinsi yang turun dari Kategori TINGGI menjadi SEDANG, yaitu Sulawesi Tengah, Sumatera Selatan, Aceh, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Selanjutnya untuk IDI Sulbar 2023 terdapat Indikator IDI dengan Kategori baik dengan poin maksimal 100 poin, yakni pada Indikator 2 Terjaminnya kebebasan berkumpul, berekspresi, berserikat, dan berpendapat antar masyarakat, Partisipasi masyarakat dalam memengaruhi kebijakan publik melalui lembaga perwakilan (Indikator 9) , Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait kebijakan pejabat pemerintah (Indikator 18), Transparansi Anggaran dalam Bentuk Penyediaan Informasi APBN/D oleh Pemerintah ( Indikator 20).

“IDI bukan hanya menggambarkan kinerja/perilaku demokrasi dari pemerintah, namun juga masyarakat. Indikator-indikator terkait perilaku masyarakat digunakan untuk pengukuran IDI berbasis wilayah (provinsi)’’ lanjutnya

Lebih lanjut beliau sampaikan untuk Tahun 2024 yang harus menjadi poin perhatian Tantangan Demokrasi Indonesia di Sulbar yakni Indikator yang berkategori Rendah, yakni Kebebasan berkumpul, Anti Monopoli Sumber daya ekonomi, Kinerja Lembaga Legislatif dan Pendidikan Politik pada Kader Partai Politik.

Di tempat yang sama, Plt Kaban Kesbangpol Sulbar H. Muh. Yusuf Tahir, menyampaikan rasa syukurnya atas naiknya poin IDI Sulbar 2023 atau tetap bertahan pada kategori Sedang,

“ Peningkatan Poin IDI sulbar pada 2023 ini sangat menggembirakan bagi kita semua, hal ini bisa menjadi pemacu bagi kita untuk selanjutnya dapat meningkatkan Kinerja terkait IDI ini, kami optimis untuk IDI 2024 dapat lebih baik lagi, mengingat suksesnya perhelatan Pemilu Serentak pada Bulan Februari lalu dan tentunya kita berharap lebih sukses lagi pada Pilkada Tahun 2024 di bulan Nopember nanti sebagai bagian dari indikator yang ada dalam IDI’ Ujarnya

“tentunya kami mengapresiasi atas kinerja semua Pihak yang terkait pada peningkatan IDI 2023 ini, Tim Pokja IDI, Jajaran Kesbangpol Sulbar dan Kabupaten, OPD terkait, Mitra kerja Kesbangpol Sulbar dan tentunya Kepada BPS Sulawesi Barat yang sangat proaktif mensosialisasikan peningkatan IDI ini, Terima kasih” tutupnya (adm)

.

Poin Indeks Demokrasi Indonesia ( IDI ) 2023 Sulbar Naik Menjadi 74,55 Poin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *