Melalui Sosialiasi, Kesbangpol Sulbar Mengajak Pemilih Pemula Mendukung Pilkada Serentak 2020

Majene – Kesbangpol Sulawesi Barat melalui Bidang Politik Dalam Negeri menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Budaya Politik Bagi Pemilih Pemula di Hotel Dafina Kab. Majene, Jumat 6 November 2020. Kegiatan yang bertema “Pemilih Millenial Cerdas Melahirkan Pemimpin Berkualitas” diikuti oleh sejumlah remaja kategori pemilih pemula yang berasal dari unsur SMA/SMK sederajat di Kabupaten Majene dengan jumlah peserta kurang lebih 50 orang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber adalah Ketua KPU Kab. Majene (Muh. Arsalin Aras, SH), Kepala Badan Kesbangpol Sulbar (Drs. H. Herdin Ismail, MM), dan Kepala Badan Kesbangpol Kab. Majene (H. Rustam Rauf, S.Sos, M.Si).

Qamaruddin Kamil, S.STP Kepala Bidang Politik Dalam Negeri yang juga selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula mengenai bagaimana cara menggunakan suara atau hak pilih mereka dengan benar dalam pilkada serentak tahun 2020, tidak hanya itu saja kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan pemahaman kepada para pemilih pemula tentang pemilihan dan menjadikan mereka sebagai pemilih yang cerdas yakni pemilih yang sadar menggunakan hak pilihnya dan dapat memilih pemimpin yang berkualitas demi perbaikan masa depan daerah, bangsa dan negara.

Drs. H. Muhammad Natsir, MM, Pjs. Bupati Majene yang membuka acara tersebut mengatakan kepada seluruh peserta bahwa generasi muda diharapkan selalu berpartisipasi dan memberi kontribusi politik pada setiap perhelatan demokrasi yang dilangsungkan dinegara yang kita cintai ini, salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah secara serentak tahun 2020 ini. selain itu perlunya kesadaran kita sebagai pemilih bahwa pemilukada adalah amanah konstitusi sebagai negara demokrasi yang dilaksanakan dalam rangka memilih para pemimpin bangsa ini lima tahun kedepan. pemilukada bukan semata mata hanya peristiwa politik atau hanya sekedar memilih untuk menggugurkan kewajiban. tetapi pemilu merupakan bagian dari perbaikan sosial dan ekonomi. penggunaan hak suara kita menentukan pemimpin sebagai penentu kebijakan yang nantinya berdampak pada kita juga.

Natsir juga menjelaskan bahwa ke arah mana dan seperti apa perjalanan bangsa ini 5 tahun kedepan sangat ditentukan oleh pilihan kita dalam 5 menit dibilik suara. oleh karena itu saya sampaikan kepada para peserta untuk mengenali  dengan baik para calon pemimpinnya, mengetahui track recordnya, memahami program-programnya dan sedapat mungkin paham visi dan misi para calon tersebut.

Pada akhir sambutannya, Natsir berpesan kepada seluruh peserta sebagai generasi milenial, adik adik ini pastilah pengguna media aktif, maka jangan ikut ikutan melakukan black campaign dan fitnah di media sosial dan juga jangan menyebarkan berita berita hoax. mari sekali lagi kita lewati pemilukada serentak 2020 ini sebagai pesta demokrasi dengan penuh persaudaraan agar tercipta ketertiban, keamanan, sejuk dan penuh kedamaian, dalam kondisi pemilukada seperti inilah kita berharap akan terwujud pemilu yang berkualitas dimana akan melahirkan para pemimpin yang berkualitas pula.

Sosialisasi Pendidikan Budaya Politik Pemilih Pemula 061120

 

 

Melalui Sosialiasi, Kesbangpol Sulbar Mengajak Pemilih Pemula Mendukung Pilkada Serentak 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *