Kesbangpol Sulbar Mengokohkan Jiwa Nasionalisme Milenial

GENERASI muda sebagai penerus pembangunan daerah diharap memahami pentingnya wawasan kebangsaan di tengah tantangan era globalisasi yang kian kompleks.

Hal tersebut menguat dalam Forum Dialog Pembinaan dan Peningkatan Jiwa Nasionalisme Bagi Masyarakat, pada Kamis 20 Juli 2023 di Hotel Lilianto, Polewali Mandar.
Dalam agenda ini, Sekretaris Badan Kesbangpol Sulbar, Muh. Yusuf Thahir mengurai materi ‘Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika Dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara’.
Ia menjelaskan, esensi kebangsaan bersumber dari Bhinneka Tunggal Ika yang mengandung nilai toleransi atau sikap saling memahami serta nilai keadilan yang merupakan satu sikap penerimaan dan tidak mengganggu hak orang lain. Selain itu, juga mengandung semangat gotong royong.
Muh Yusuf Thahir mendorong peran seluruh elemen masyarakat dalam menguatkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, baik itu oleh pemerintah daerah, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat, agama, dan tokoh adat.
“Bagaimana menanamkan pemahaman sejak dini bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang harus dipertentangkan, namun menjadi kekuatan saling melengkapi,” ujarnya di hadapan tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa.
Pembicara lain adalah Ketua Komisi I DPRD Sulbar Syamsul Samad yang hadir dengan pemaparan terkait ‘Membangun Jiwa Nasionalisme Generasi Muda di Era Kekinian’.
Syamsul Samad menyebut bahwa saat ini diperlukan penyegaran pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk menangkal beragam ancaman perpecahan. (one)

Kesbangpol Sulbar Mengokohkan Jiwa Nasionalisme Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *