Kaban Kesbangpol Sulbar : “Pengukuhan Adaq Tuho Tomakaka Ulumanda, Penguatan Ketahanan Seni, Budaya Kearifan Lokal Sulbar”

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat H. Muhammad Yusuf Tahir menghadiri Festival Ada’ tuho Sakka Pambojangan Mutuppu ende Mapuru kalisusuang sekaligus pengukuhan Dr. H. Muhammad Idris. DP, M.Si sebagai Tomakaka Ada’ tuho Ulumanda di Lapangan Sport Center Ulumanda Desa Kabiraan Kec. Ulumanda Kab. Majene 2 Maret 2024.

Dalam pelaksanaan Festival Ada’ tuho Sakka Pambojangan Mutuppu ende Mapuru kalisusuang merupakan Eksplorasi dan Harmoni Ekosistem Karya Budaya dalam Pertunjukan Tari, Teater, dan Dialog Budaya.

Sakka Pambojangan, sebuah tradisi khas Ada Tuho dari Ulumanda, tidak hanya menjadi serangkaian tahapan dalam prosesi pernikahan, tetapi juga sebuah perayaan akan kekayaan budaya dan nilai-nilai tradisional yang terus hidup dan berkembang.

Dalam sebuah pertunjukan tari dan teater yang memikat, Sakka Pambojangan menggambarkan keindahan dan kearifan tradisional yang terkandung dalam setiap tahapan prosesi tersebut.

Sakka Pambojangan menghadirkan keindahan gerakan, makna mendalam, dan ritual yang sarat akan nilai-nilai kekeluargaan, kebersamaan, serta keseriusan dalam mempersatukan dua keluarga.

Muhammad Yusuf Tahir dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Peningkatan Budaya Kearifan Lokal Menguatkan Ketahanan Seni Budaya di Masyarakat.

“Kami percaya bahwa keberagaman budaya adalah kekayaan yang tak ternilai bagi masyarakat kita. Dengan terus memperkuat budaya kearifan lokal, kami yakin bahwa kita dapat memperkuat ketahanan seni budaya kita dan meningkatkan kebanggaan dan rasa persatuan di antara kita semua.” Ucapnya

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Festival dan pengukuhan Tomakaka Ada’ tuho Ulumanda dapat Memperkuat Identitas Kultural.

“Untuk memperkuat identitas kultural kita harus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan dalam mempromosikan keberagaman budaya sebagai kekuatan dan kebanggaan kita serta memelihara warisan budaya kita dengan bangga.” Tutup Muhammad Yusuf Tahir.

Kaban Kesbangpol Sulbar : “Pengukuhan Adaq Tuho Tomakaka Ulumanda, Penguatan Ketahanan Seni, Budaya Kearifan Lokal Sulbar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *