Kesbangpol Sulbar Gelar Kegiatan Pembinaan Kesadaran Generasi Muda Tentang Cinta Tanah Air Dalam Rangka Revolusi Mental

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Sulawesi Barat Dr. H. Muh. Jamil Barambangi, M.Pd  memberikan  Sambutan sekaligus membuka acara, dengan Narasumber adalah :

  1. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Sulawesi Barat, H. Herdin Ismail, MM
  2. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Sulawesi Barat Bujaeramy Hassan, SH, M.Si
  3. Kasat Intel Polres Mamuju, Alfiando Papona, S.I K
  4. Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Suhardi, S.Pd, M.Si

dengan Menghadirkan peserta dari unsur Tokoh Pemuda, Mahasiswa, Orgnisasi Kepemudaan

PAPARAN/ MATERI dipandu oleh Moderator : Muhammad Yusuf Tahir, S.Ag, M.Pd ( Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Barat)

  1. Materi Pertama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Sulbar

Judul Materi “Pemuda dan NKRI “ dalam materinya menekankan pentingya para generasi untuk senantiasa mengetahui dan dapat memaknai empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ). Memahami cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kesatuan atau integrasi nasional bersifat kultural dan tidak hanya bernuansa struktural mengandung satu kesatuan ideologi, kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan. menurut beliau tantangan nyata pada era globalisasi semakin kompleks diberbagai bidang kehidupan karena adanya teknologi informasi, telekomunikasi dan transportasi yang membawa pengaruh terhadap berbagai nilai dan wawasan kebangsaan oleh karena itu melihat kondisi Bangsa saat ini mengalami penurunan kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal ini terlihat dari berbagai aspek dan gejolak diantaranya tawuran antar warga, perkelahian,penyalagunaan narkoba dan ancaman teroris sehingga dengan adanya kesadaran adalah upaya untuk menangkal dan mempertahankan negara dari ancaman yang dapat menggangu kelangsungan hidup bermasyarakat berdasarkan cinta tanah air. Mewujudkan Nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan Nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku Bangsa atau daerah. Kepentingan tersebut tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan Nasional .

  1. Materi Kedua Ka. Badan Kesatuan Bangsa & Politik Prov. Sulbar

Poin penting yang wajib difahami oleh generasi muda saat ini dalam rangka revolusi mental yaitu melakukan perubahan cara berfikir, cara kerja serta cara hidup berbangsa dan bernegara yang mempunyai karakter interitas, etos kerja dan gotong royong guna mewujudkan tujuan bernegara, berdaulat, berdikari serta berkpribadian Bhinneka Tunggal Ika  dalam NKRI. Ancaman terbesar yang dihadapi negara kita saat ini adalah gerakan –gerakan ekstrimisme yang datangnya dari warga negara itu sendiri, masih ada warga negara yang masih ekstrim terhadap pemerintahannya. Oleh karena itu sehingga Badan Kesbangpol sebagai satu instrumen utama institusi yang dapat membangun bangsa melalui pembangunan manusia yang tidak kalah penting dari pembangunan infrastruktur fisik sehingga bukan hanya fisiknya saja dibangun namun manusianya juga yang dibangun.

Kegiatan diakhiri dengan Sesi Tanya Jawab peserta Kegiatan

( Admin web)

Kesbangpol Sulbar Gelar Kegiatan Pembinaan Kesadaran Generasi Muda Tentang Cinta Tanah Air Dalam Rangka Revolusi Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *