Kesbangpol Sulbar Siap laksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Sulbar

Penajam.Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Kirab Bendera dalam rangka pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

Turut hadir pada kegiatan kali ini, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Sulawesi Barat barat, H.M.Yusuf Tahir

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pencanangan ini berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Kegiatan ini juga dilaksanakan berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.1.1/2152/SJ Tanggal 8 Mei 2024, Hal Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024, Kemendagri melalui Ditjen Politik dan PUM akan melaksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni s.d 17 Agustus 2024.

Dalam sambutannya Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Politik dan PUM Kemendari, Togap Simangunsong menyatakan, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) adalah Kabupaten yang terdekat dengan Ibu Kota Negara (IKN), Kabupaten PPU sangat penting sebagai penyangga IKN.

“Kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini merupakan langkah untuk mengawali “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, yang akan berlangsung di seluruh Indonesia, yang di mulai dari tanggal 1 Juni 2024 hingga 31 Agustus 2024 di berbagai daerah,” ujar Togap

Menurutnya Total bendera Merah Putih yang telah disebarkan di Kabupaten PPU sebanyak 1.500 buah dan ditambah 1.500 bendera berukuran kecil kepada peserta kirab.

Pencanangan gerakan ini diawali dengan kirab Bendera Merah Putih dari Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten PPU menuju Lapangan Upacara Kantor Bupati PPU. Kirab ini dibuka langsung oleh Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Kirab ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis bendera Merah Putih yang dibawa oleh Paskibraka kepada Plh. Dirjen Polpum Kemendagri, Pj. Bupati Penajam Paser Utara, dan Wakapolres PPU.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 1.500 peserta dari berbagai kalangan yang turut serta membawa bendera Merah Putih. Mereka di antaranya pasukan drumband, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, serta masyarakat umum.

kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun, beserta beserta Linda Romauli Siregar, Pejabat dari Kemendagri, Unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten PPU, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi se- Indonesia, Para Pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten PPU. Para Pejabat dan Staf di lingkungan Ditjen Politik dan PUM, serta Tokoh Masyarakat, Toko Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Mahasiswa se-Kabupaten PPU.

Plt. Kaban Kesbangpol Sulbar , H.M. Yusuf Tahir menyampaikan bahwa Badan Kesbangpol Sulbar siap melaksanakan gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Provinsi Sulawesi Barat.

“Gerakan Pembagian 10 Juta bendera pada tahun ini terasa istimewa sebab pencanangannya berada di Wilayah IKN, dekat dari Sulawesi Barat, Inshaa Allah Kesbangpol Siap melaksanakan gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Provinsi Sulawesi Barat” Tegasnya.

Kesbangpol Sulbar Siap laksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Sulbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *