Plt.Kaban Kesbangpol harapkan Rakortekrenbang lahirkan Program Kegiatan Kesbangpol yang berkualitas di 2025

Mamuju. Plt Kaban Kesbangpol Sulbar , H.Muh.Yusuf Tahir beserta jajaran mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) 2024 yang digelar Bapperida Sulbar di Grand Maleo Hotel Mamuju, Rabu 20 Maret 2024.

Pada Rakortekrenbang kali ini Badan kesatuan bangsa dan politik Provinsi Sulawesi barat yang menangani urusan Pemerintahan umum di daerah dengan ruang lingkup yang meliputi :

  1. Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional Dalam Rangka Memantapkan Pengamalan Pancasila, Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pelestarian Bhinneka Tunggal Ika Serta Pemertahanan Dan Pemeliharaan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Pembinaan Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  3. Pembinaan Kerukunan Antarsuku dan Intrasuku, Umat Beragama, Ras, dan Golongan Lainnya guna Mewujudkan Stabilitas Kemanan Lokal, Regional, dan Nasional
  4. Penanganan Konflik Sosial Sesuai Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan
  5. Koordinasi Pelaksanaan Tugas Antarinstansi Pemerintahan yang ada di Wilayah Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota Untuk Menyelesaikan Permasalahan yang timbul dengan Memperhatikan Prinsip Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pemerataan, Keadilan, Keistimewaan dan Kekhususan, Potensi serta Keanekaragaman Daerah sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan
  6. Pengembangan Kehidupan Demokrasi Berdasarkan Pancasila; dan
  7. Pelaksanaan Semua Urusan Pemerintahan yang Bukan Merupakan Kewenangan Daerah dan tidak Dilaksanakan Oleh Instansi Vertikal.

Plt Kaban Kesbangpol sulbar , Muh.Yusuf Tahir berharap rakortekrenbang kali ini menjadi media sikronisasi Program kegiatan Badan Kesbangpol Sulbar yang nantinya akan melahirkan Program kegiatan yang berkualitas di 2025.

sejalan dengan penyampaian Sekprov sulbar Muh.Idris, bahwa Rakortekrenbang Sulbar 2024 ini mendiskusikan 33 urusan pemerintahan yang didelegasikan bagi pemerintah daerah untuk membuat perencanaan terkoneksi antara kabupaten, provinsi dan pusat.

“Untuk Badan kesbangpol sendiri beberapa program harus kita benahi pasca Agenda Pemilihan Kepala daerah nantinya, seperti peningkatan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Sulbar, kemudian penyesuaian Bantuan Keuangan Parpol sesuai hasil Pemilihan serentak 2024, serta fokus pada Pentingnya sinergitas forum-forum yang ada di Daerah yang dikoordinasikan oleh Kesbangpol Kabupaten dalam mewujudkan Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya” ujarnya.

“selanjutnya Pentingnya kewaspadaan nasional dilakukan dengan Kesbangpol Kabupaten sebagai institusi utama dan Kepala Daerah Gubernur dan Bupati dan bersinergi dengan Forkopimda dan melibatkan peran serta masyarakat dengan penganggaran yang berpedoman pada Permendagri tentang Pedoman umum APBD. tutupnya.

Kegiatan Rakortekrenbang 2024 ini digelar selama 2 (dua) hari 20 s.d. 21 Maret 2024

Plt.Kaban Kesbangpol harapkan Rakortekrenbang lahirkan Program Kegiatan Kesbangpol yang berkualitas di 2025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *