Badan Kesbangpol Sulbar gelar Diklat Paskibraka Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024

Mamuju. Dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 79 Tahun tanggal 17 Agustus 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Barat menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024, bertempat di Wisma Malaqbi, Mamuju.

Diklat Paskibraka Sulbar digelar tanggal 4 – 18 Agustus 2024, dibuka langsung oleh Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Muhammad Idris DP, M.Si dan dihadiri oleh Kabinda Sulawesi Barat, Kepala Dinas Pemuda & Olahraga, Sekretaris Badan Kesbangpol Prov.Sulbar, Polda Sulbar, Korem 142 Tatag Mamuju, Kejati Sulbar, serta seluruh Paskibraka terpilih Se- Sulbar , Pelatih, Danpas, dan Pengapit dari unsur TNI POLRI, Pamong, serta Petugas Medis.

Setiap calon Paskibra digembleng untuk memiliki kesiapan fisik dan mental lebih baik. Mereka juga dididik agar memiliki jiwa kepemimpinan. Tujuan diklat Paskibraka adalah mempersiapkan calon Paskibraka baru yang sigap dan trampil dalam formasi baris-berbaris, tata upacara bendera, dan menguasai materi-materi kebangsaan. Diklat ini juga diharapkan akan menghasilkan Paskibra yang memiliki jiwa nasionalisme, solidaritas, disiplin, bertanggung jawab, sehat jasmani dan mental, mampu memimpin, hingga peduli dengan etika serta kerja sama.

Materi diklat Paskibra disusun untuk mendukung pembentukan mental dan karakter peserta, sekaligus mengembangkan sikap kepemimpinan yang baik.
Kemampuan yang harus dimiliki Paskibra tidak terbatas pada baris-berbaris semesta. Setiap anggota Paskibra akan dilatih fisik dan mentalnya sehingga mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Jenis materi diklat Paskibra beragam. Salah satunya adalah Bela Negara.(adm)

 

Badan Kesbangpol Sulbar gelar Diklat Paskibraka Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *