Rakor Forum OPD Kesbangpol Se-Sulbar, H.Yusuf Tahir tekankan perencanaan berkualitas berbasis Data

Mamuju.Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum OPD di Ruang Rapat Kantor Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat, Senin , 6 Mei 2024.

Forum ini dibuka oleh Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik, Sebagai Narasumber Utama adalah Kepala Bapperida Sulawesi Barat yang diwakili oleh Sekertaris Bapperida Sulbar, Darwis Damir.

Dalam Paparannya, Darwis, menyampaikan bahwa forum OPD ini dilaksanakan untuk mensinkronkan dan menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD Kabupaten, selain itu untuk mempertajam indikator serta target kinerja program,kegiatan dan sub kegiatan Perangkat Daerah bidang Kesatuan Bangsa dan Politik.

selanjutnya penyampaian materi dengan tema Arah dan Kebijakan Penyusunan RKPD tahun 2025, tentang bagaimana alur perencanaan yang berkualitas.
hadir juga Kepala Kesbangpol Kabupaten Se Sulawesi Barat, Para Kabid dan Pejabat fungsional Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat dan dihadiri juga stake holder atau mitra kerja Badan Kesbangpol.

H.Muh. Yusuf Tahir pada kesempatan ini juga menekankan pentingnya perencanaan Program Kegiatan kesbangpol dengan mensinkronkan dengan 8 Program Prioritas Provinsi Sulawesi Barat yang telah dicanangkan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Barat.
terakhir beliau juga menekankan bahwa perencanaan Program Kegiatan berkualitas senantiasa berbasis data, hal ini dilakukan agar lebih memudahkan dalam pemetaan Pelaksanaan Pemerintahan Umum yang diemban kesbangpol di tingkat Kabupaten.

“Sebagai contoh data tingkat partisipasi di 3 Pemilihan serentak terakhir dapat jadi acuan untuk lebih massive dalam mensosialisasikan pentingnya partisipasi Pemilih di tingkat Kabupaten, karena hal ini akan berdampak pada Peningkatan Poin Indeks Demokrasi Indonesi (IDI) di Sulawesi Barat”. tutupnya.

Kegiatan Forum OPD ini di akhiri dengan penandatanganan Berita Acara oleh perwakilan Kesbangpol Kabupaten yang disaksikan oleh Narasumber yang hadir. (*)

Rakor Forum OPD Kesbangpol Se-Sulbar, H.Yusuf Tahir tekankan perencanaan berkualitas berbasis Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *