Kemendagri RI Dorong Peningkatan Indeks Demokrasi Indonesia di Sulbar

Bertempat di  Grand Maleo Hotel & Convention Mumuju Jl. Yos Sudarso No.51,Kec. Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat , Direktorat Politik Dalam Negeri Kemendagri RI melalui Fasilitasi Badan Kesbangpol Prov. Sulbar menyelenggarakan Kegiatan Forum Peningkatan Hak-Hak Politik dan Kebebasan Sipil di Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Indeks Demokrasi Indonesia khususnya pada aspek kebebasan.

Dalam sambutannya Direktur Politik Dalam Negeri Dirjen Polpum Kemendagri, Drs. Syarmadani, M.Si menyampaikan Tujuan utama IDI adalah agar pemerintah, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya memiliki alat ukur perkembangan demokrasi dan kemudian menjadikannya sebagai dasar dalam perbaikan pembangunan politik dan demokrasi.

Di tempat yang sama , Kaban Kesbangpol Sulawesi Barat, H. Herdin Ismail, menyampaikan bahwa di Sulawesi Barat telah menerapkan kebebasan berpendapat, terutama aksi demonstrasi yang telah mendapatkan atensi dari pimpinan  dengan penerapan SOP aksi unjuk rasa.

“Memberikan rasa aman dan nyaman lingkungan masyarakat,berkumpul dan berpendapat,pemprov sulbar tidak ada upaya menahan jika ada aksi demontrasi, OPD atau instansi terkait diupayakan hadir pada saat aksi demo berlangsung” lanjutnya.

lebih lanjut beliau menyampaikan Kesbangpol Sulbar senantiasa mengupayakan peningkatan poin IDI sulbar di Tahun 2022 ini, dari 73,09 ( Kondisi awal tahun 2021 ) menjadi 73,29 poin untuk IDI tahun 2023 sesuai yang tertuang dalam Dokumen Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Barat 2023-2026

Narasumber dari kegiatan ini yakni Aan Setyawan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat yang menyampaikan materi IDI 2021: Gambaran dan Peluang  Aspek Kebebasan di Provinsi Sulawesi Barat, kemudian oleh ibu Maharani, Perencana ahli Madya dari Bappenas yang menyampaikan materi secara Virtual dengan ‘Urgensi Pengukuran Indeks Demokrasi Indonesia Dalam Konsolidasi Demokrasi Indonesia”

Sebagai pemateri terakhir  DR. Muh. Jamil Barambang, ( Akademisi Provinsi Sulawesi Barat.) sekaligus menutup rangkaian kegiatan dengan materi Kebebasan Bertanggungjawab Dalam Konteks Demokrasi Indonesia

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni

  1. Drs Syarmadani., M.si (Direktur politik dalam negri)
  2. Dedi Triyadi., SH. M.H (Kasubid Politik dalam negri)
  3. Dr. Jamil Barambangi (Asisten Administrasi Umum)
  4. Drs H. Herdin Ismail. MM (kepala Kesbangpol Sulbar)
  5. Kapten Arh Bahtiar (Pasi Intel Rem 142/Ttg)
  6. AKP Yulianus (Kasubdit politik Intel Polda Sulbar
  7. Usdi.,S. Sos (Kaban Kesbangpol kabupaten Mamuju)
  8. K.H.Namru Asdar ( Ketua MUI Kab. Mamuju)
  9. Sekban dan Para Kabid Kesbangpol Sulbar
  10. Junaidi Muin., S.sos (kasubid politik Kesbanpol)
  11. Anggota Kelompok Kerja (POKJA IDI Sulbar )
  12. Partai Kebangkitan Bangsa.
  13. Partai Demokrasi Indonesia. Perjuangan.
  14. Partai Golongan Karya.
  15. Partai Gerakan Indonesia Raya.
  16. Partai demokrat.
  17. Partai Amanat Nasional.
  18. Partai Persatuan Pembangunan.
  19. Partai Hati Nurani Rakyat.
  20. Para Tamu Undangan.

Galery Foto :

Kemendagri RI Dorong Peningkatan Indeks Demokrasi Indonesia di Sulbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *