Kaban Kesbangpol, H. Herdin Ismail  Hadiri kegiatan Bintahwilmar di Mako Lanal Mamuju

Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irawan mengungkapkan, kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar)  tersebut bertujuan untuk menciptakan sinergitas antara TNI AL, Pemerintah Daerah (Pemda) dengan nelayan atau pun masyarakat pesisir Sulbar.

“Sehingga pada Lokakarya ini sengaja mengundang masyarakat pesisir dan nelayan agar nanti bersama-sama dapat memahami apa saja potensi yang dapat dikembangkan di wilayah Sulawesi Barat,” terang Temmy Irawan.

Termasuk menghadirkan narasumber yang dapat memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan wilayah pesisir, seperti budidaya rumput laut sebagai komoditas yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ketahanan pangan khususnya bagi masyarakat pesisir di Sulawesi Barat.

Danlanal pun menyebutkan, masih terdapat program lain seperti kampung Bahari nusantara didorong menjadi salah satu nominasi kampung wisata untuk periode 2022-2023. “Selain itu budidaya udang vaname dan ikan kerapu. Kami gunakan di Lahan di belang Belang,”

Sementara Sekprov Sulbar Muhammad Idris pun mengapresiasi dengan keterlibatan sejumlah komponen pada kegiatan itu. Apalagi dengan adanya masyarakat dan mahasiswa.

“Karena itu perlu masyarakat dan mahasiswa mahasiswa yang akan mengawal masa depan negara. Kegagalan negara ini ketika gagal mendudukkan mahasiswa atau generasi untukmemiliki pengetahuan cukup terhadap negaranya,”

Apalagi, Sulbar berhadapan langsung dengan Ibu Kota Negara (IKN), Sulbar harus mampu menangkap peluang itu dengan mengembangkan potensi, termasuk potensi maritim.

Untuk itu Idris mengajak agar Sulbar menjaga dan membina wilayah pesisir, sebab berbicara budidaya dibutuhkan sinergitas dan membangun kolaboratif.

Kaban Kesbangpol, H. Herdin Ismail Hadiri kegiatan Bintahwilmar di Mako Lanal Mamuju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *